Wednesday 25 March 2015

Pidato Tertang Energi Alternatif


 Pidato Tertang Energi Alternatif -
Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai  Pidato Tertang Energi Alternatif , pidatonya sebagai berikut :
http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/pidato-tertang-energi-alternatif.html


Assalamu'alaikum

الحمد  لله رب العامين   وبه نستعين   على امور الدنيا  والدين  والصلاة والسلام  على اشرف المرسلين  سيدنا ومولانا محمد  وعلى اله وصحبه اجمعين  ( اما بعد )
   Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul di tempat yang insyaalloh di mulyakan oleh alloh SWT.
  
  Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibanna wanabiyyana Muhammad SAW, kepada para keluarganya, sahabatnya, tabi'in, tabi'atnya, dan kepada kita selaku umatnya semoga di yaumil akhir di berikan spaa'at olehnya. 

 
Hadirin yang saya hormati, apakah yang dimaksud dengan energi hijau itu? energi hijau adalah sebutan lain untuk energi alternatif atau yang sekarang ini lebih dikenal dengan energi terbarukan, yaitu semua energi yang dapat digunakan untuk menggantikan energi dari banhan bakar konvensionla yang berasal dari fosil seperti bensin dan solar dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar berhidrokarbon yang dapat menyebabkan polusi dan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang juga berkontribusi besar dalam terjadinya pemanasan global. Dengan kata lain energi hijau adalah energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Hadirin yang berbahagia, telah kita ketauhi bersama bahwa energi yang telah kita gunakan selama ini sebagian besar berasal dari bahan bakar minyak yang berasal dari fosil, dan perlu kita ketahui bahwa energi yang berasal fosil jumlahnya di dunia ini sangat terbatas dan bahkan sekarang cadangan bahan bakar dari fosil di seluruh dunia khususnya di Indonesia mulai menipis dan bahkan cadangan bahan bakar dari fosil di Indonesia diperkirakan akan habis dalam kurun waktu beberapa puluh tahun atau bahkan beberapa tahun ke depan jika tidak segera diatasi dengan segera. Dampak dari menipisnya cadangan bahan bakar dari fosil tersebut sudah sangat terasa terutama di Indonesia mulai dari akan dinaikannya harga bahan bakar minyak dan kelangkaan bahan bakar minyak di berbagai daerah di Indonesia, yang kesemuanya itu memeberikan dampak yang cukup besar bagi kelangsungan kehidupan di dunia. Selain karena terbatasnya jumlah bahan bakar fosil di dunia kelangkaan bahan bakar dari fosil juga disebakan oleh tingginya tingkat pertumbuhan penduduk dan pertambahan jumlah kendaraan bermotor yang tinggi tanpa adanya penyaringan yang ketat terutama di Indonesia. Oleh karena itu masalah kelangkaan ini harus segera diatasi dengan segera salah satunya adalah dengan mengembangkan energi alternatif atau terbarukan seperti Biomassa.

Hadirin yang saya hormati, apakah energi terbarukan Biomassa itu? energi terbarukan Biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan karena berasal dari bahan-bahan pangan yang diubah menjadi bahan bakar cair biofuel yang banyak ditemukan di Indonesia yang digunakan untuk keperluan transportasi seperti tebu, jagung, sagu, jambu mete, singkong, dan jenis ubi-ubian yang lain yang dapat diolah dan berguna sebagai bahan bakar pengganti premium, kelapa, kelapa sawit, jarak pagar, sirsak, sirkaya, dan kapuk yang dapat diolah dan berguna sebagai bahan bakar pengganhti solar, sedangkan nyamplung, algae, dan azolla dapat diolah dan berguna sebagai bahan bakar pengganti kerosene minyak bakar atau bensin penerbangan. Selain energi terbarukan Biomassa energi terbarukan lain yang berpotensi dikembangkan di Indonesia antara lain Biodiesel, Bioethanol, dan Biogas.
Apakah Biodiesel, Bioethanol, dan Biogas tersebut? Biodiesel merupakan bahan bakar ramah lingkungan yang berasal dari minyak nabati yang dapat digunakan sebagai pengganti minyak diesel atau solar. Bioethanol adalah cairan biokimia yang berasal dari proses fermentasi gula dari sumber karbohidrat tinggi yang menggunakan bantuan mikroorganisme yang menghasilkan cairan menyerupai premium, sedangkan Biogas adalah energi ramah lingkungan yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik dengan bantuan bakteri anaerob pada lingkunagn tanpa oksigen bebas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kompor gas atau listrik.

Hadirin yang berbahagia, kesimpulan dari pidato saya adalah penggunaan energi yang berasal dari fosil tidak ramah lingkungan dan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dalam jangka waktu yang panjang selain itu jumlah bahan bakar dari fosil di dunia ini jumlanya sangat terbatas dan lambat laun akan habis juga karena berbagai faktor, oleh karena itu energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan dibutuhkan untuk menggantikan energi dari fosil tersebut. Selain ramah lingkungan pengembangan dan penggunaan energi terbarukan akann dapat menangani masalah kelangkaan bahan bakar di berbagai dunia khususnya di Indonesia. Untuk itu saya selaku Menteri Lingkungan Hidup menghimbau masyarakat untuk mendukung gerakan pemerintah untuk mengembangkan energi terbarukan demi kelangsungan kehidupan dan terjaganya lingkunag di Indonesia.

Demikian pidato yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatian hadirin dan jika ada kealahan atau tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Demikian Pidato Tertang Energi Alternatif , semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...