Saturday 21 March 2015

Pidato Tentang Mananam Pohon

  Pidato Tentang Mananam Pohon -
Baikalah pada kesempatan ini saya akan berbagi  Pidato Tentang Mananam Pohon, pidatonya sebagai berikut :
http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/pidato-tentang-mananam-pohon.html


 
 Assalamu'alaikum wr.wb

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka di tempat yang insyaalloh di mulyakan oleh aloh SWT.
Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibanna wanabiyyana Muhammad Saw, kepada para sahabatnya, pada para keluarganya, pada para tabi'in tabi'atnya, dan kepada kita selaku umatnya semoga di yaumil akhir diberikan safaat olehnya.

 
Hadirin yang berbahagia
 
Pengertian dari menanam seribu pohon adalah Pohon merupakan sumber kehidupan untuk semua umat manusia. Pohon digunakan dalam bidang Industri, dan Pangan. Yang akhirnya dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan pohon yang berlebihan yang dilakukan dan tidak melakukan tindakan untuk melestarikan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan.
          Seperti yang sudah kita ketahui, efek karena pohon yang banyak ditebang untuk berbagai kebutuhan menimbulkan banjir dan membuat udara panas. Maka dari itu harus ada tindakan dari diri kita dan masyarakat untuk melakukan tindakan menanam pohon.
        Maka kita perlu menanam seribu pohon dengan cara yang baik, caranya adalah: Ambillah tanaman dalam  polybag (kantong plastik hitam). Kemudian kita membuat lubang berukuran 30 x 30 x 30 cm (ukuran dapat berubah sesuai besar atau kecilnya pohon).Pada waktu menggali, kita pisahkan tanah asal bagian atas dan bawah. Lubang dibiarkan terbuka selama 1 minggu.Tanah asal dicampur pupuk kandang dengan perbandingan 1 bagian pupuk, 2 bagian tanah. Kembalikan tanah asal bagian bawah ke dalam lubang. Keluarkan bibit dari polybag dengan hati-hati agar tidak merusak akar. Letakkan bibit ke dalam lubang. Tanaman diberi penunjang dari bambu atau kayu.Kemudian uruklah lubang dengan tanah bagian atas yang telah dicampur dengan pupuk. Tanah dipadatkan. Usahakan lebih rendah dari tanah asal. Bisa dengan kaki, tangan, atau alat. Siramlah secukupnya pagi dan sore. Peliharalah dengan menyiram secara rutin dan memberi pupuk serta bahan pembasmi hama. Saat memegang bibit, yang dipegang polybag-nya, bukan tanamannya.
       Dari kegiatan tersebut banyak manfaat manfaat yang kita dapatkan dari kegiatan menanam seribu pohon, antara lain: Lingkungan menjadi bersih, serta dapat terhindar dari bahaya tanah longsor, udara menjadi segar, dapat menghasilkan oksigen yang bersih, paru paru menjadi sehat karena selalu menghirup udara yang bersih, dan terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.
Sebaiknya sikap kita terhadap tanaman itu harus menjaga dan merawat tanaman dengan baik seperti halnya kita menjaga dan merawat diri kita sendiri serta tidak merusak tanaman.
Janganlah merusak tanaman dengan sikap kita yang buruk, seperti menebang pohon secara ilegal, membakar hutan sembarangan, serta ladang berpindah, karena itu akan menyebabkan hal hal yang tidak kita inginkan, seperti bencana tanah longsor dan banjir.
          Dari penjelasan tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa kita harus membuat tanaman menjadi lebih indah,  asri, dan berkembang. karena itu kita harus selalu menyiram tanaman dengan air yang bersih, serta kita harus menghimbau masyarakat untuk menanam seribu pohon dengan baik.
          Demikian yang dapat saya sampaikan semoga uraian saya ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf atas segala kesalahannya. Sekian dan terima kasih
 
Wassalamu'alaikum wr.wb
 
Demikian  Pidato Tentang Mananam Pohon , semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...