Monday 16 March 2015

Contoh Pidato Terbaru Tentang Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar

 Contoh Pidato Tentang Terbaru Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar -
 
  Selamat siang/malam/pagi/sore, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai Contoh Pidato Terbaru Tentang Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar . yaitu sebagai berikut :
 
 
http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/contoh-pidato-terbaru-tentang.html
 
 
 
 Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar
Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

            Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka di tempat yang insyaallloh dimulyakan oleh alloh SWT.

            Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibana wanbiyyana Muhammad SAW, kepada para keluarganya, kepada para sahabatnya, kepada tabi'in tabi'atnya , dan kepada kita selaku umatnya semoga diyaumil akhir diberikan safaat olehnya , amin. 


Pada kesempatan ini mengambil tema tanamkanlah penggunaan bahasa Indonesia dari sekarang. Penentuan tema ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya kalangan remaja yang salah mengucapkan bahasa Indonesia. Semakin banyaknya iklan maupun sinetron yang menggunakan bahasa gaul sehingga dapat dengan mudah ditirukita semua. Dengan demikian niat dari diri kita sendiri sangat menentukan bagaimana kita semua berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
            Meskipun pada jaman sekarang ini yang serba maju banyak orang tua yang berlomba-lomba mengikuti tren yang memilih mendidik kita semua dengan berkomunikasi dengan bahasa Inggris dari usia dini. Supaya kita mampu berkomunikasi dengan lancar dalam berbahasa Inggris saat kita sudah fasih dan lancar dalam berbahasa Inggris,jujur pasti ada suatu kebanggaan sendiri kan?. Sebenarnya tidak buruk karena bahasa Inggris merupakan bahasa International,akan tetapi seharusnya kita lebih menjunjung tinggi bahasa Indonesia dengan baik dan benar.
            Pertanyaannya apakah kita bangga saat kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar? Tentunya kalau bukan kita siapa lagi yang harus bangga berbahasa Indonesia. Tetapi kenyataannya sekarang kesannya Bahasa Indonesia seperti dinomorduakan, karena kita menggampangkan dan selalu beranggapan Bahasa Indonesia tidak perlu dipelajari,anak-anak pun pasti bisa secara alami apalagi kita. Namun kebiasaan mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing, bahasa gaul dan  lain-lain yang membuat bahasa Indonesia semakin terpuruk keberadaannya dan yang saya takutkan jika lama kelamaan sudah tidak ada yang menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar di negri tercinta ini.

            Peran Media Massa juga mempengaruhi penggunaan Bahasa Indonesia pada kita semua  dan masyarakat Indonesia. Iklan, sinetron, artikel, majalah, internet yang penggunaan kata dan kalimat tidak mengikuti aturan bahasa Indonesia yang baik dan benar. oleh sebab itu kita kembali lagi ke lingkungan dan diri kita sendiri dalam  menanamkan nilai-nilai berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Disinilah peran penting pemerintah dalam  membuat kebijakan tentang penggunaan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar kepada media massa.

            Di lingkungan pendidikan formal kita tahu bahwa kita sudah diberikan mata pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia sejak masih dibangku SD hingga lulus SMU. Selama ini kita terlihat jenuh dengan mata pelajaran ini, terkesan monoton dan bersifat hafalan. Seharusnya yang kita cita-citakan agar kita semua mampu berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan dapat terwujud.

            Kita semua  perlu keteladanan. Keteladanan ataupun kebiasaan yang harus benar-benar kita ubah. Karena saya yakin keteladanan atau  kebiasaan itu kunci utamanya. ketimbang hanya sekedar hafalan atau himbauan kata-kata. Hal ini penting dipahami oleh kita semua khususnya para pendidik yang sangat berperan yaitu orang tua dan guru .

            Tentu saja masalah tersebut menjadi keprihatinan kita bersama. Kita harus melakukan suatu tindakan walaupun tindakan itu sangat sederhana. sehingga kita terbiasa menggunakan rbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Jujur saja saya pribadi juga sedih dengan kenyataan ini. Bagaimana tidak bahasa yang sekarang banyak digunakan oleh para remaja adalah bahasa gaul atau bahasa yang tidak sesuai dengan EYD yang ada.

              Marilah kita semua sebagai Warga Negara Indonesia mempunyai kewajiban menjunjung tinggi bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia, merawat dan melestarikannya agar tidak hilang diterjang kemajuan jaman. Siapa lagi kalau bukan kita semua.
            Demikian lah pidato kali ini yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf jika ada kesalahan. Saya berharap kita termotivasi melakukan sesuatu untuk menjadikan diri kita semua terbiasa dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Atas perhatian teman-teman dan Bapak/Ibu Guru pada acara  ini, saya ucapkan terima kasih.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian  Contoh Pidato Terbaru Tentang Menggunakan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar, semoga bermanfaat.

1 comment:

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...