Monday 23 March 2015

Pidato Tentang Hari Air

 Pidato Tentang Hari Air -
Baiklah Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi  Pidato Tentang Hari Air, Pidatonya sebagai berikut :


http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/pidato-tentang-hari-air.html

Assalamu'alaikum wr.wb

الحمد  لله رب العامين   وبه نستعين   على امور الدنيا  والدين  والصلاة والسلام  على اشرف المرسلين  سيدنا ومولانا محمد  وعلى اله وصحبه اجمعين  ( اما بعد )
   Pertama mariah kita panjatkan puji dan syukur kepada alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul di tempat yang insyaalloh di mulyakan oleh alloh SWT.
  
  Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibanna wanabiyyana Muhammad SAW, kepada para keluarganya, sahabatnya, tabi'in, tabi'atnya, dan kepada kita selaku umatnya semoga di yaumil akhir di berikan spaa'at olehnya.


 

Di berbagai daerah, kelangkaan air sering kali terjadi disebabkan oleh musim kemarau yang panjang. Di daerah-daerah perbukitan batu kapur, meskipun curah hujan cukup tinggi, kelangkaan air tetap saja terjadi sebab daya serap tanah berkapur adalah sangat ringan. Di kota-kota bar sumber air bersih kian langka. Di sini air bersih diperjualbelikan dengan harga cukup tinggi. Meskipun negeri kita adalah negara tropis, dengan curah hujan cukup tinggi, kita tetaplah harus waspada dengan air.Pertambahan penduduk, penebangan hutan secara liar dan makin menipisnya cadangan lahan untuk menampung


air merupakan ancaman serius bagi ketersediaan air di masa sekarang dan di masa depan. Sebab itu, tidaklah berlebihan kiranya jika dikatakan bahwa sumber daya air kita kini sudah mencapai tingkat kritis. Kita perlu merenungkan kembali penyusunan tata ruang kita, agar kita sungguh-sungguh sudah memikirkan, agar keseimbangan alam tetap terjaga dengan berkaca pada pembangunan fisik yang selama ini telah kita lakukan.


Haruskah kita melakukan penjernihan terhadap air sungai yang kotor? Biayanya cukup mahal! Ataukah suatu ketika kita terpaksa harus menyuling air laut menjadi air tawar untuk dapat dimanfaatkan? Juga dengan harga yang tidak murah! Upaya penjernihan memang telah lama dilakukan di berbagai kota dan daerah. Semuanya itu memakan biaya mahal, yang lama kelamaan bertambah mahal. Apalagi harus menggunakan air laut, biayanya lebih mahal! Kita perlu hemat, tidak mengeluarkan biaya yang banyak terhadap hal-hal yang sebenarnya kurang memer- lukan biaya jika kita bersikap hati-hati. Jika alam tetap lestari ,maka masalah ketersediaan sumber daya air sesungguhnya akan dapat kita atasi.Namun jika kita lalai, lahan menjadi rusak, Daerah Aliran Sungai (DAS) tidak lagi mendukung, maka keadaan kita akan tenggelam dan berada diambang krisis yang serius. Bencana suatu saat akan mengancam. Di musim kemarau air menjadi sangat langka, di musim hujan air berubah menjadi banjir yang setiap saat akan mengancam keselamatan jiwa dan harta benda kita. Apa yang saya katakan ini bukan lagi sekedar cerita, namun hal yang benar-benar terjadi hampir setiap tahun di negeri kita. Sudah saatnya sekarang kita mendidik masyarakat untuk berhati-hati dan berhemat dalam menggunakan air. Pemborosan terhadap air masih terjadi dimana-mana, baik penggunaan air untuk kepentingan irigasi maupun penggunaan air untuk kepentingan rumah tangga,industri dan jasa. Alangkah baiknya jika para pendidik mengingatkan para anak didiknya, senantiasa mengingatkan mereka untuk bersikap hemat terhadap penggunaan air. Kesadaran seperti itu memang perlu ditumbuhkan sejak dini, agar ketersediaan air tetap terjamin untuk generasi-generasi yang akan datang.


Setelah kita mengetahui dampak buruk yang dapat terjadi akibat pengelolaan air  dan penggunaan air secara berlebihan, alangkah baiknya jika kita ikut menyelamatkan air bersih. Jika kita menghemat dan menjaga air bersih, itu bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk generasi mendatang, untuk anak cucu kita, agar mereka dimasanya nanti tidak kekurangan dan kesulitan air bersih.  Mari kita jaga, lestarikan, dan hemat air! Karena air adalah pisau bermata dua, dia bisa memberikan kehidupan tapi dia juga bisa memberi kematian.


Sekian pidato dari saya , kurang lebihnya saya minta maaf.


Wassalamu’alaikum Wr.WB

Demikian Pidato Tentang Hari Air , semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...