Monday 23 March 2015

Pidato Tentang Air

 Pidato Tentang Air -
Baiklah Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi   Pidato Tentang Air , Pidatonya sebagai berikut :

http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/pidato-tentang-air.html

Assalamu'alaikum wr.wb

الحمد  لله رب العامين   وبه نستعين   على امور الدنيا  والدين  والصلاة والسلام  على اشرف المرسلين  سيدنا ومولانا محمد  وعلى اله وصحبه اجمعين  ( اما بعد )
   Pertama mariah kita panjatkan puji dan syukur kepada alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul di tempat yang insyaalloh di mulyakan oleh alloh SWT.
  
  Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibanna wanabiyyana Muhammad SAW, kepada para keluarganya, sahabatnya, tabi'in, tabi'atnya, dan kepada kita selaku umatnya semoga di yaumil akhir di berikan spaa'at olehnya.



Air
Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain
Sebelumnya kita tahu bahwa air adalh kebutuhan kita sehari-hari,selain untuk dikonsumsi air juga untuk mencuci,maupun untuk mck.
Namun tahukah kalian jika air kita yang kita minum sehari-hari telah tercemar????
Yaa
Pencemaran air adalh makanan seha
ri-hari lebih dari 70% masyarakat diindonesia.
Kenapa?
Karena Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia.Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.
wowww
Dikatakan berubah oleh manusia!!!!!!!
Mungkin saat ini kita tahu bahwa air yang kita minum sehari- hari tampak bersih,namun kandungan apa saja dalam air tersebut? Apakah ada kandungan logamnya?atau ada kandungan bakteri(contohnya: Escherichia coli) dan bagaimana tingkat keasamannya!!

Mungkin saya disini tidak bicra terlalu dalam tentang air.saya disini hanya akan menjelaskan pentingnya kualitas air untuk indonesiaku tercinta.
Saat ini kalian semua bisa mandi dengan air bersih tapi diluar sana masih banyak teman-teman kita yang kesulitan mencari air bersih.
Hal itu dikarenakan oleh umat manusia sendiri!!!
Umat manusia seenaknya saja mem
buang sampah,mencemari lingkungan air sekitar dengan limbah mereka masing2.
Tetapi mereka tidak dapat medaurulang air tersebut
Peringatan Hari Air Dunia (HAD) yang jatuh pada 22 Maret kembali mengingatkan pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Tema global Clean Water Quality Challenges and Opportu
nity mengajak semua pihak peduli terhadap penanganan masalah pencemaran dan pelestarian sumber daya air.
Persoalan air adalah masalah global. Komponen ini begitu dibutuhkan, tetapi tidak banyak yang sadar untuk menjaga kualitasnya. Pencemaran air makin hari makin menjadi-menjadi, sementara pasokan air bersih terus menipis. Sebuah perpaduan yang sangat rentan menyebabkan munculnya berbagai penyakit.
WHO mencatat, sebanyak 1.500 kilomete
r kubik lebih air limbah diproduksi dunia. Sayang, di negara-negara berkembang, lebih dari 80 persen air limbah tidak didaur ulang akibat belum memadainya regulasi dan minimnya sumber daya (resources). Padahal, sejatinya air limbah dapat dimanfaatkan untuk sumber energi dan keperluan irigasi.

Diperkirakan, 884 juta orang di seluruh dun
ia tidak memiliki akses terhadap air bersih. Sebagian besar dari mereka hidup di Afrika. Pertumbuhan penduduk dan peningkatan urbanisasi, polusi kimia dan spesies invasif adalah faktor utama berkontribusi terhadap penurunan kualitas air. Akibatnya bagi lingkungan dan bagi umat manusia cukup besar. Hampir 1,5 juta anak meninggal setiap tahun akibat air yang tercemar.
Khusus di Indonesia, sejatinya potensi sumber daya air cukup besar. Negara kita menduduki posisi ke-5 di dunia setelah Brazil, Amerika, dan Canada. "Meski cadangan air yang tersedia cukup banyak, penting sekali menjaga kualitas air demi keberlangsungan kehidupan di masa yang akan datang.
Untuk diindonesia pencemaran terhadap sungai sudah sangat berlebihan,, kitatak usah lah mengambil contoh terlalu jauh seperti di sungai citarum, kita ambil contoh saJA DI SUNGAI MAHAKAM....
DULU saat jaman bapak walikota masih kecil, su
ngai mahakam masih bersih....... bahkan kata beliau kita dapat melihat ikan ataupun udang didalam sungai dan beliaupun sering berenangan di sungai tersebut,, kutipan tersebut saya dapat dari membaca koran.
Namun bagaimana sungai mahakam saat ini? Keadaannya sangat memprihatinkan,, banayak sampah-sampah terapungan di atas air..
Masyarakat hanya berpikir bahwa sampah yang dibuang kesungai tersebut sudah menyelesaikan masalah kebersihan,tapi di
a tidak berpikir kemana tujuan akhir sampah jika dibuang ke sungai????
Apakah lautan ini dapat menampung berjuta-juta sampah???
Salah satu tanda bahwa air itsudah tercemar adalh tumbuhnya tumbuhan eceng gondok.. di mahakam banyak!!!!!!

dan

Pencemaran air bisa terjadi karena beberapa faktor
Diantaranya:
• Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
• Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang m
engarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
• Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.
• Seperti limbah pabrik yg mengalir ke sungai seperti di sungai citarum
Semua itu dapat mengakibatkan banjir,Erosi,dan Kekurangan sumber air.
Dari semua uraian saya diatas , kita dapat mencegah semua dengan beberapa tindakan yakni menggunakan air secukupnya,hentikan pemakaiaan berlebih-lebih.
Demikian yang bisa saya sampaikan , mohon maaf atas segala kesalahannya.
 
Wassalamu'alaikum wr.wb
 
Demikian  Pidato Tentang Air, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...