Friday 20 March 2015

Pidato Tentang Teknologi Ramah Lingkungan

 Pidato Tentang Teknologi Ramah Lingkungan -
Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi  Pidato Tentang Teknologi Ramah Lingkungan , pidatonya sebagai berikut :

http://hielmyteori.blogspot.com/2015/03/pidato-tentang-teknologi-ramah.html

Assalamu'alaikum wr.wb
  Pertama marilah kita panjatkan puji da syukur kepada alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka ditempat yang insyaaloh di mulyakan oleh alloh SWT.

   Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibana wanabiyyana Muhammad SAW, pada para keluarganya, para sahabatnya, para tabi'in tabi'atnya semoga nanti yaumil akhir diberikan sapaat olehnya.
 
Hadirin yang berbahagia
 
     Pada kesempatan kali ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sebuah pidato mengenai produk teknologi ramah lingkungan dengan judul “Biogas Ampas Tahu, bahan bakar penyelamat bumi”.

Hadirin pecinta lingkungan

    Berbagai kasus pencemaran lingkungan yang mengakibatkan memburuknya ekosistem bumi banyak diakibatkan oleh limbah cair dari berbagai kegiatan industri, rumah sakit, pasar, restoran hingga rumah tangga. Hal ini disebabkan karena penanganan dan pengolahan limbah tersebut kurang serius. berbagai teknik pengolahan limbah baik cair maupun padat untuk menyisihkan bahan polutannya yang telah dicoba dan dikembangankan selama ini belum memberikan hasil yang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan suatu metode penanganan limbah yang tepat, terarah dan berkelanjutan.Salah satu metode yang dapat diaplikasikan adalah dengan cara BIO-PROSES, yaitu mengolah limbah organik baik cair maupun organik secara biologis menjadi biogas dan produk alternatif lainnya seperti sumber etanol dan methanol. Dengan metode ini, pengolahan limbah tidak hanya bersifat “penanganan” namun juga memiliki nilai guna/manfaat. Teknologi pengolahan limbah baik cair maupun padat merupakan kunci dalam memelihara kelestarian lingkungan.

Hadirin generasi penerus bangsa
 
      Jumlah industri tahu di Indonesia mencapai 84.000 unit usaha. Dengan kapasitas produksi lebih dari 2,56 juta ton per tahun, industri tahu ini memproduksi limbah cair sebanyak 20 juta meter kubik per tahun dan menghasilkan emisi sekitar 1 juta ton CO2 ekivalen. Sebanyak 80 persen industri tahu berada di Pulau Jawa. Dengan demikian emisi yang dikeluarkan pabrik tahu di Jawa mencapai 0,8 juta ton CO2 ekivalen. Bayangkan berapa banyak limbah yang dapat mencemari lingkungan apabila tidak ditangani?

Hadirin yang berbahagia
 
      Perlu kita ketahui bahwa limbah cair tahu masih mengandung bahan-bahan organik yang mengandung nutrisi yang cukup baik untuk pertumbuhan bakteri metanogenik. Adanya bakteri metanogenik di dalam reaktir dapat menyebabkan terjadinya proses metanogenesis yang dapat menghasilkan gas metana. Gas metana yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif sehingga dapat mengurangi dampak pemanasan global. Bio gas sangat bermanfaat bagi alat kebutuhan rumah tangga/kebutuhan sehari-hari, misalnya sebagai bahan bakar kompor (untuk memasak), lampu, penghangat ruangan/gasolec, suplai bahan bakar mesin diesel, untuk pengelasan (memotong besi), dan lain-lain. Sedangkan manfaat bagi lingkungan adalah dengan proses fermentasi oleh bakteri anaerob (Bakteri Methan) tingkat pengurangan pencemaran lingkungan dengan parameter BOD dan COD akan berkurang sampai dengan 98% dan air limbah telah memenuhi standard baku mutu pemerintah sehingga layak di buang ke sungai. Bio gas secara tidak langsung juga bermanfaat dalam penghematan energi yang berasal dari alam, khususnya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (minyak bumi) sehingga sumber daya alam tersebut akan lebih hemat dalam penggunaannya dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.
Hadirin pecinta lingkungan
 
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf apabila ada kesalahan.
 
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Demikian  Pidato Tentang Teknologi Ramah Lingkungan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...