Tuesday 15 September 2015

Pidato Tentang Pendidikan Pancasila



Pidato Tentang Pendidikan Pancasila

Hai guys, hello … how are you ? jawab dalam hati ya heheh . Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Pidato Tentang Pendidikan Pancasila , pidatonya sebagai berikut :
http://hielmyteori.blogspot.com/2015/09/pidato-tentang-pendidikan-pancasila.html


Assalamualiakum wr.wb

Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka ditempat yang insyaalloh dimulyakan oleh alloh SWT.

Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi besar yakni Habibana wanabiyyana Muahammad SAW, kepada sohabatnya , kepada keluarganya , dan kepada kia selaku umatnya semoga diyaumil akhir mendapatkan sapaat olehnya amin.

Hadirin yang saya hormati …

Pendidikan Pancasila mempunyai 4 landasan . yaitu landsan historis, landasan kultular, landsan yuridis dan landasan filosofis. 4 landasan ini akan menjadi topik utama yang akn dibahas oleh saya pada kesempatan kali ini.

Yang Pertama Landasan Historis yaitu maksudnya landasan yang mengacu pada gagasan atau argument pada masa lalu di Negara ini. Pada landasan historis ini ada sebuah pertanyaan yaitu apa bukti bahwa pancasila itu ada ? dan jawabanya adalah Ada. Bukti pancasila itu ada yakni kausa aristolein , kausa ini terbagi empat macam , kausa materialis ( asal mula bahan ) , kausa formalis ( asal mula bentuk ), kausa efesien ( asal mula karya ), kausa finalis ( asal mula tujuan) . ke empat macam kausa itu menjadi bukti pancasila ada .

Yang kedua landasan cultural yaitu membahas tentang pancasila sebagai hasil kebudayaan yang sangat penting . secara formal pancasila menjadi dasar Negara pada tanggal 18 agustus 1945 dan secara cultural unsur-unsur nya yang terkadung pada adat istiadat , kepercayaan , keagamaan,dan kesenian .

Yang ketiga landasan yuridis yaitu  landasan yang mengacu pada  asumsi asumsi yang bersumber dari peraturan perundang undangan yang berlaku yang menjadi titik tolak dalam rangka praktek pendidikan dan atau studi pendidikan.

Yang keempat landasan filosofis yaitu landasan yang membahas maka atu hakekat pendidikan , landasan yang berusaha menelaah masalah pokok dalam pendidikan .

Jadi pancasila ini dibangun oleh landasan  / dasar yang sangat kuat  yang tidak akan pernah ada orang yang bisa meruntuhkan pancasila yaitu dasar Negara kita .

Hadirin yang saya hormati …

Cukup sekian yang bisa saya sampaikan , mohon maaf atas segala kesalahannya. Semoga materi yang saya sampaikan bisa diserap oleh kalian semua .
Wassalaualikum wr.wb

Demikian lah Pidato Tentang Pendidikan Pancasila , semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...