Monday 14 September 2015

Pidato Tentang Pendidikan Nasional

Pidato Tentang Pendidikan Nasional-
Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Pidato Tentang Pendidikan Nasional, pidatonya sebagai  berikut :


http://hielmyteori.blogspot.com/2015/09/pidato-tentang-pendidikan-nasional.html


Assalmu'alaikum wr.wb

pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat alloh SWT yang telah memberikan kesempatan kepada kita semua dapat berkumpul dan bertatap muka di tempat yang insyaalloh di mulyakan oleh alloh SWT .
Solawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada nabi kita yakni habibanna wanabiyyana muhammad SAW. Saya berdiri di depan akan berpidato membahas Pidato Tentang Pendidikan Nasional.

Para Hadirin Sekalian...

Apa itu Pendidikan Nasional ?, tetapi sebelum kita mengetahui Pendidikan Naional kita harus tahu dulu apa itu Pendidikan ?. Pendidikan adalah Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suatu suasana dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya sendiri untuk memiliki kecerdasan , kekuatan spiritual, kepribadian, akhlak mulia, dan keterampilan untuk dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara.

Nah itu pengertian pendidikan menurut Undang-Undang Sisidiknas No 20 Tahun 2003, yang mana Undang-Undang ini sngat berkaitan dengan keislaman, dan bila kalian mengakaji ataupun menafsirkan pengertian tersebut secara mendalam dapat sangat jelas ini berkaitan dengan ayat-ayat al-quran , hanya saja Undang-undang ini hasil ringkasan pengertian dari al-quran. Jadi tidak akan terlihat pengertian tersebut berkaitan dengan kesilaman apabila hanya dibaca saja.

Sekarang apa yang dimaksud dengan Pendidikan Naional ?. Pendidikan Nasional adalah Pendidikan yang berdasarkan pancasila dan Undang-undang  RI Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional, dan tanggap terhadap perubahan zaman.

Hadirin yang hormati ...

Pendidikan di Indonesia sangat mengacu pada UU , sudah jelas sekali pada pengertian yang tadi, Di Indonesia dalam Pendidikan Naional ini bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, berkecakapan, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis, dan bertanggung jawab. Untuk mewujudkan Tujuan tersebut, ada sebuah sistem pendidikan nasional yang merupakan keseluruhan komponen yang saling terkait serta terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Nah komponen tersebut  yaitu PATAL (Pendidikan , Anak didik / peserta didik, Tujuan , Alat, Lingkungan

Diantara kalian pasti ada yang bertanya, mengapa pendidikan nasional ada? jawabannya karena pendidikan nasional mempunyai fungsi yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak diri dan juga membentuk peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka menjalankan kehidupan bangsa.

Jadi Pendidikan nasional di indonesia sangat penting untuk diterapakan pada diri sendiri secara khusus dan secara umum kepada seluruh masyarakt indonesia.

Hadirin yang saya hormati...
Demikian pidato dari saya , semoga kita dapat menjalakan pendidikan nasional dalam kehidupan sehari-hari. Mohon maaf ata segala kesalahan dan kekurangannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb

Itulah Pidato Tentang Pendidikan Nasional, semoga beramanfaat.

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...