Thursday 8 October 2015

Materi Pendidikan Pancasila Tentang Filsafat

Materi Pendidikan Pancasila Tentang Filsafat -

Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi  Materi Pendidikan Pancasila Tentang Filsafat :

http://hielmyteori.blogspot.com/2015/10/materi-pendidikan-pancasila-tentang.html
1.     Susunan kesatuan sila-sila pancasila yang bersifat organis
Pancasila merupakan satu kesatuan yang majemuk tunggal . Dalam arti setiap unsur memiliki arti masing-masing yang saling berhubungan.

2.     Susunan Pancasila bersifat herarki dan berbentuk pyramid
Dalam pancasila ini berarti memiliki hubungan antar kelompok sila yang ada dalam pancasila dan bersifat erat.
a.       Sila pertama : dalam segala hal yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penyelenggaraan Negara harus dijiwai nilai-nilai ketuhanan YME.
b.      Sila kedua : bahwa sangat menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia sebagai makhluk tuhan yang beradab, maka segala hal yang berkaitan dengan kehidupan  berbangsa dan bernegara harus mencerminkan bahwa Negara ini mempunyai peraturan yang menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia .
c.       Sila ketiga : manusia sebagai makhluk social wajib mengutamakan peraturan Negara Indonesia yang disetiap daerah mempunyai kebudayaan-kebudayaan maupun beragama yang berbeda-beda.
d.      Sila keempat : Negara Indonesia ini ada karena rakyat maka dari itu rakyat berhak mengatur kearah mana jalannya Negara ini.
e.       Sila kelima : harus mengutamakan keadilan bersosialisasi bagi rakyat Indonesia ini sendiri tanpa memandang perbedaan yang ada.

3.     Yang saling mengisi dan mengkualifikasi
Hal ini dimaksud bahwa setiap sila yang terkandung niali keempat nilai lainnya, atau dengan kata lain setiap siloa dikualifikasi oleh keempat sila lainnya.
ü    Sila pertama: Ketuhanan Yang Maha Esa adalah Ketuahanan yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang berpersatuan Indonesia, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
ü    Sila kedua: Kemanusiaan yang adil dan beradab adalah kemanusiaan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berpersatuan Indonesia, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
ü    Sila ketiga: Persatuan Indonesia adalah persatuan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanuaiaan yang adil dan beradab, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
ü     Sila keempat: Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan adalah kerakyatan yang ber- Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanuaiaan yang adil dan beradab, yang berpersatuan Indonesia, yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
ü    Sila kelima: Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah keadilan sosial yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berperikemanuaiaan yang adil dan beradab, yang berpersatuan Indonesia, yang berkerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Itulah Materi Pendidikan Pancasila Tentang Filsafat , semoga bermanfaat bagi kalian semua ,

No comments:

Post a Comment

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19

Pidato Tentang Wabah Penyakit Covid 19 Baiklah pada kesempatan ini saya akan berbagi materi mengenai  Pidato Tentang Wabah Penyakit Cov...